cara memilih ban mobil

Source: Duniabanvariasi.com

Kenali Ciri Ban Rekondisi! Simak Selengkapnya

Ban rekondisi atau yang dikenal sebagai ban vulkanisir merupakan ban mobil yang sudah halus namun diperbaiki sehingga tampak seperti baru. Saat ini ban seperti ini juga sudah banyak dijual di jalanan karena ban vulkanisir cenderung lebih murah dan jika beruntung kamu bisa mendapatkan ban yang memiliki kondisi cukup baik. Namun tak jarang juga beberapa tempat ban tertentu sengaja menjual ban rekondisi dengan harga ban baru untuk mendapatkan keuntungan lebih. Oleh karena itu kamu perlu berhati-hati ketika ingin membeli ban. Berikut akan dibahas beberapa ciri-ciri yang mudah dikenali dari ban rekondisi. Kenali ciri ban rekondisi yuk!

  1. Garis Warna

Setiap ban baru memiliki garis melingkar di bagian telapak ban. Garis ini memiliki warna yang berbeda-beda. Jadi ketika kamu membeli ban dan tidak melihat bagian garis tersebut maka bisa dipastikan ban tersebut adalah ban rekondisi dan bukan ban baru. Cukup buka bagian telapak dan pastikan apakah masih ada garis berwarnanya atau tidak.

  • Kode TWI

TWI adalah tread wear indikator. Setiap ban yang diproduksi memiliki tanda satu ini pada bagian tapak ban. Biasanya ada kurang lebih 6 logo segitiga. Logo segitiga ini dibuat mengarah pada salah satu tonjolan yang ada pada alur ban. Cara mengeceknya adalah lihat apakah tonjolan tersebut sudah sejajar dengan alur ban mobil kamu, jika iya maka artinya ban tersebut sudah aus dan merupakan ban rekondisi bukan ban baru.

  • Wrapping

Secara umum ketika kita beli ban baru pastinya akan ada pembungkus yang membuktikan ban tersebut baru. Jika plastik sudah tidak ada ataupun mungkin pembungkus ban tersebut sudah rusak atau lecek maka kemungkinan besar ban tersebut sudah pernah dibuka dan bisa jadi merupakan ban rekondisi. Biasakan untuk selalu meminta produk baru yang ada di gudang untuk memastikan ban tersebut baru atau tidak.

  • Motif Lain

Untuk ban rekondisi umumnya ban diukir kembali untuk membentuk bagian luar dari ban. Dan hal ini menyebabkan tonjolan di antara motif tadi biasanya akan hilang. Kenali bagian tersebut bila tidak ada maka artinya ban tersebut merupakan ban rekondisi yang dijual ulang. Kamu juga bisa melihat apakah alur pada bagian luar ban tersebut rapi atau tidak. Umumnya ketika membeli ban rekondisi alur pada ban tidak akan serapi ketika kamu membeli ban baru.

  • Pembuatannya

Ban satu ini dibuat dengan cara membuang sisa-sisa karet dan menambahkannya lagi. Cara mengenalinya adalah dengan memperhatikan tekstur dari ban apakah ada seperti tempelan atau tambahan pada bagian luar ban. Kenali tampilan luarnya sebelum membeli ban tersebut.

  • Harga Murah

Ciri-ciri yang paling mudah terlihat umumnya ban satu ini dijual dengan harga lebih murah dibanding ban umum. Jadi pastikan untuk mengecek harga ban mobil yang ingin kamu beli sebelum kamu memilihnya. Harga jauh lebih murah dikarenakan ban ini tidak memerlukan ongkos produksi melainkan hanya memperbaiki sedikit kemudian dijual kembali.

Meskipun murah memilih ban rekondisi tentunya tetap tidak aman. Sebisa mungkin hindari penggunaan ban rekondisi untuk menghindari kemungkinan ban meledak ataupun selip karena tidak mampu mencengkeram jalan dengan baik. Pastikan untuk menabung untuk dapat membeli ban dengan kondisi baru dan berkualitas. Cek dulu harga ban mobil pilihan kamu baru setelah itu menabung dan membeli ketika sudah siap untuk membeli. Kenali ciri ban rekondisi yuk!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *