cara memilih ban mobil

Source: Duniabanvariasi.com

Tak Perlu Panik, Lakukan Ini Jika Ban dengan Harga Ban Mobil Terjangkau Pecah

Semua orang saat melakukan perjalanan tentu menginginkan semua berjalan lancar, tidak mengalami sesuatu yang tidak diinginkan dan bisa sampai di tempat tujuan dengan selamat. Namun terkadang walaupun sebelum melakukan perjalanan kondisi mobil sudah dipersiapkan dengan baik, bukan tidak mungkin bisa mengalami peristiwa yang diluar perkiraan. Misalnya saja ban dengan harga ban mobil terjangkau pecah. Biasanya kejadian ini terjadi saat mobil dipacu dengan kecepatan tinggi, contohnya di jalan tol. Bila kejadian tersebut menimpa kamu, cobalah melakukan beberapa hal seperti di bawah ini. Tak perlu panik jika ban mobil pecah.

Hindari Kepanikan 

Hal pertama yang sangat penting dilakukan saat pecah ban adalah jangan panik. Ya, reaksi kamu tidak perlu panik. Kamu tahu, kan kepanikan bisa membuatmu tidak bisa berpikir jernih dan justru melakukan hal yang keliru? Saat terdengar suara ban pecah, jangan langsung membanting setir ke samping. Sebab cara tersebut bukan hanya membahayakan kamu namun juga pengemudi lainnya. Selain itu langsung membanting setir ke samping juga lebih berisiko mobil bisa terguling, lho. Memang tidak mudah untuk tidak panik dalam kondisi tersebut. Namun usahakan untuk tetap tenang sehingga tidak memperburuk keadaan. 

Melepas Gas dengan Perlahan 

Saat dalam kondisi pecah ban, hindari langsung menginjak pedal rem. Sebab kondisi ban yang pecah membuat daya cengkram ban tidak rata. Jika kamu langsung menginjak rem bisa membuat mobil melintir yang tentu semakin membahayakan kamu dan penumpang lainnya. Jadi yang perlu kamu lakukan adalah dengan cara mengangkat pedal gas dengan perlahan. Kemudian biarkan mobil melambat dengan sendirinya. Namun tetap perhatikan posisi setir, ya. Tahan setir supaya tetap lurus sehingga tidak bermanuver meningkung dengan tiba-tiba. 

Yang Pecah Ban Depan atau Ban Belakang?  

Iya, ini sangat penting diketahui sebab berhubungan dengan apa yang harus kamu lakukan. Misalnya saja yang pecah adalah ban bagian depan. Kamu harus ekstra hati-hati dan segera memutar kemudi ke arah yang berlawanan atau sering disebut counter steering. Jika yang pecah ban depan sebelah kanan, maka kamu akan merasakan setir terasa berat ke kanan dan laju mobil pun miring ke kanan. Jadi untuk menyeimbangkan mobil supaya stabil kamu perlu memutar setir ke arah kiri. Tetapi hindari melakukan ini secara mendadak, ya sebab bisa membahayakan. Namun jika yang pecah adalah ban belakang, bisa jadi tidak kamu rasakan dan kamu juga akan lebih mudah mengendalikan laju mobil. 

Jangan Lupa Nyalakan Lampu Hazard 

Jika sudah berhasil mengendalikan laju mobil dengan baik, jangan lupa untuk menyalakan lampu hazard. Lampu ini hanya digunakan saat dalam keadaan darurat, salah satunya saat mengalami pecah ban. Manfaatnya, memberikan tanda peringatan kepada pengemudi lain sehingga bisa terhindar dari kejadian yang tidak diinginkan. 

Segera Cari Pertolongan 

Setelah mobil berhasil menepi dengan selamat, kamu bisa menenangkan diri sebentar. Kemudian segeralah mencari pertolongan untuk mengganti ban dengan harga ban mobil terjangkau yang pecah. Misalnya dengan menghubungi bengkel resmi terdekat. Cukup menghubungi call centre bengkel resmi tersebut dan jelaskan kejadiannya. Kemudian kamu tinggal menunggu petugas bengkel datang untuk memberi pertolongan. Itulah beberapa hal yang perlu kamu lakukan saat mengalami pecah ban di perjalanan. Yang pasti tidak perlu panik supaya tetap bisa berpikir jernih untuk mengendalikan situasi. Tak perlu panik jika ban mobil pecah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *