pertimbangkan hal lain

Source: Otoflik.com

Jangan Hanya Mempertimbangkan Harga Aki Mobil, Perhatikan Juga Spesifikasinya

Aki adalah salah satu komponen penting yang ada pada mobil. Aki berguna untuk menyimpan energi listrik yang digunakan untuk menyalakan mobil, lampu-lampu mobil, sistem pengapian serta klakson. Mengingat kegunaan dari aki mobil ini cukup penting, maka pemilik mobil seharusnya memperhatikan beberapa aspek saat memilih aki mobil. Pertimbangkan juga hal lain dalam memilih aki mobil.

Mengetahui spesifikasi aki penting karena kebutuhan setiap mobil berbeda. Selain itu ampere dan voltase yang ada pada aki pun juga berbeda-beda, meskipun bentuknya terlihat serupa. Jadi, kamu jangan sampai salah dalam membeli harga aki mobil.

  1. Pasang Aki Sesuai dengan Jumlah Energi

Kalau kamu tidak memasang aki sesuai dengan jumlah energi, maka hal tersebut bisa merusak berbagai macam komponen mobil. Hampir semua komponen kelistrikan yang ada pada mobil akan rusak dan melemah satu persatu, dimulai dari lampu-lampu, audio dan komponen-komponen lainnya. Aki mobil yang digunakan seharusnya disesuaikan dengan kebutuhan kelistrikan mobil punyamu, maka dari itu sesuaikan dengan jumlah energi yang memang dibutuhkan. Ketidaksesuaian aki yang dipasang tersebut dengan standar mobil punyamu berpotensi memperpendek usia aki tersebut. Kinerja dari alternator juga akan terganggu dikarenakan aki yang memiliki beban yang lebih besar tersebut menambah beban alternator itu sendiri, pada akhirnya tidak bisa mengisi aki dan alternator tadi ikut terganggu.

  • Beli Aki Yang Sesuai Dengan Mobil Anda

Dalam pemilihan aki mobil, pastikan kamu membeli aki mobil yang memang sudah sesuai dengan spesifikasi mobilmu. Mulai dari tipe serta jenis aki harus disesuaikan dengan standar mobilmu. Kalau pun kamu ingin melakukan upgrade, pastikan kalau voltage aki tersebut harus sama dengan kenaikan amper tidak lebih dari 15% dari standar ampere mobilmu.

  • Bandingkan Jenis Aki

Terdapat beberapa jenis aki mobil, yaitu aki kering dan aki basah. Aki kering mempunyai peforma yang lebih bagus daripada aki basah. Aki kering dinilai memiliki kelemahan pada daya tahana yang kurang terhadap panas. Mengenai harga, aki kering dikatakan lebih mahal. Namun hal ini bisa menjadi perbandingan dan keawetannya yang bisa kamu jadikan sebagai bahan pertimbangan saat akan memilih jenis aki. Namun kalau kamu memilih aki basah, maka jangan lupa untuk mengecek kondisi cairan elektrolit yang ada di dalam aki tersebut. Pastikan bahwa volume cairan yang ada pada aki tersebut berada di antara batas maksimum dan minimum.

  • Perhatikan Kapasitas Aki

Ketika akan membeli aki, jangan lupa untuk memperhatikan kapasitas aki mobil yang kamu beli, baik aki basah atau aki kering yang memiliki kapasitas dan ukuran masing-masing. Ketika kamu membeli aki mobil yang baru, pastikan untuk selalu mengecek dimensi, ukuran, ampere serta tegangan yang dimiliki oleh aki tersebut.

Pastikan bahwa aki tersebut sudah sesuai dengan standar mobilmu. Untuk mendapatkan aki yang tidak mudah soak, sebaiknya tidak memilih aki dengan  tegangan yang lebih besar dibandingkan dengan standar mobilmu. Memilih aki dengan tegangan yang lebih besar bisa menimbulkan kerusakan kelistrikan pada mobilmu.

  • Perhatikan Merek Aki

Terdapat banyak aki mobil yang berkualitas dijual di pasaran dan bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan mobilmu. Sebaiknya kamu memilih merek aki yang memang sudah terpercaya kualitasnya. Terdapat beberapa merek terkenal seperti Yuasa, GS, Amaron, Delkor dan banyak lainnya yang bisa menjadi referensi saat kamu akan membeli aki mobil. Pertimbangkan juga hal lain dalam memilih aki mobil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *