beberapa tips merawat mobil

source: carusermagz.com

Beberapa Tips Merawat Mobil yang Jarang Dipakai

Mobil menjadi salah satu moda transportasi wajib bagi masyarakat perkotaan. Terbukti dari padatnya lalu lintas jalanan kota yang hampir dipenuhi oleh jejeran kendaraan pribadi ini. Namun dilihat dari sisi lain, kemacetan lalu lintas hingga berjam-jam membuat banyak orang memilih kendaraan umum sebagai alternatif transportasi untuk terbebas dari antrian kemacetan yang panjang. Akibatnya banyak mobil hanya tersimpan rapi dalam bagasi dan jarang dipakai. Berikut beberapa tips merawat mobil yang jarang dipakai.

Tips Merawat Mobil yang Jarang Dipakai

Jika kamu sedang di rumah saja, ada baiknya luangkan waktu untuk mengecek kondisi mobil walaupun sekadar memanasi mesin. Kondisi mobil yang jarang dipakai akan menurun tanpa kamu sadar. Jadi, jangan pernah beranggapan kalau jarang menggunakan mobil untuk bepergian akan membuat kondisi mobil kamu tetap seperti waktu baru beli.

Justru masalah kelistrikan atau mesin sangat mungkin terjadi, karena komponen mesin pada kendaraan harus tetap berjalan sesuai dengan fungsinya. Nah, berikut ini adalah tips merawat mobil yang jarang dipakai dan coba terapkan pada mobil kamu.

  • Periksa Komponen Kelistrikan Aman

Komponen kelistrikan pada mobil yang rawan mengalami kerusakan apabila hanya didiamkan dalam bagasi adalah bagian aki. Akibat mobil sulit distarter begitu kamu akan memakai mobil itu untuk pergi.

Tips mudahnya adalah lepas konektor aki, jika memang berencana tidak akan dipakai dalam waktu lama. Cara ini mampu mencegah daya aki mengalami drop karena tidak terisi optimal akibat jarang dipakai.

  • Cek Kondisi Oli Mobil

Tips selanjutnya adalah periksa kondisi oli mesin jika jarang dipakai beberapa waktu. Fungsi oli adalah melumasi komponen mesin sehingga kerja komponen tersebut dapat berjalan optimal. Namun, kondisi oli mesin akan bertekstur seperti jelly atau mengental jika mobil jarang dipakai. Pastikan ganti oli secara rutin menyesuaikan spesifikasi kendaraan agar kondisi mobil tetap prima.

  • Cek Kondisi Ban Mobil

Tips merawat mobil yang jarang dipakai selanjutnya adalah periksa kondisi ban mobil. Ban mobil akan kempes apabila tekanan angin terus berkurang. Sementara mobil yang hanya terdiam dalam bagasi lebih mudah membuat tekanan angin berkurang, akibat menahan berat dari kendaraan tersebut dalam waktu yang lama.

Coba kamu isi angin dalam kondisi tekanan penuh dan gunakan alat penyangga selain dongkrak untuk menopang ban agar tidak langsung menyentuh dasar. Selain itu parkir kendaraan di tempat yang datar sebagai solusi.

  • Panaskan Mesin Mobil Secara Rutin

Untuk menjaga kondisi mesin, tips merawat mobil yang jarang dipakai dan cukup mudah adalah panaskan mesin mobil setiap hari minimal 4-5 menit. Tujuannya adalah menjaga sirkulasi komponen-komponen pada kendaraan tetap bekerja optimal. Selain itu, memanaskan mesin juga membantu kondisi oli mesin tetap bagus untuk melumasi komponen kendaraan.

  • Jaga Kebersihan Mobil

Terakhir untuk tips merawat mobil yang jarang dipakai adalah menjaga kebersihan mobil bail bagian dalam maupun luar mobil. Cuci mobil kamu jika sudah terlihat kotor tertutup debu halus, baik dicuci sendiri atau ke tempat pencucian kendaraan. Kamu jangan lupa bersihkan sampah pada interior mobil.

Setelah mobil bersih, gunakan cover untuk menutupi badan mobil dari partikel debu, jika kamu berniat untuk tidak menggunakannya dalam waktu lama. Tambahan juga, pastikan bahan bakar dalam kondisi penuh untuk mencegah embun pada tangki kendaraan.

Nah, itulah kelima tips merawat mobil yang jarang dipakai untuk menjaga kondisi kendaraan tetap bagus dan optimal. Jangan malas untuk melakukan perawatan sederhana yang sudah disebutkan di atas secara konsisten. Kamu yang akan rugi, ketika mobil bagus hanya terparkir dalam bagasi dan rusak karena jarang dirawat. Jadi, selamat mencoba tips yang sudah dijelaskan dan semoga bermanfaat. Berikut beberapa tips merawat mobil yang jarang dipakai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *