kelebihan mobil matic

source: carusermagz.com

Cara Mundur di Tanjakan Dengan Mulus dan Aman

Mengemudikan mobil bisa dibilang mirip dengan bermain game driving, dimana semakin sering dilatih, maka skill mengemudi akan meningkat. Misalkan harus berkendara di jalur datar, tanjakan maupun turunan bukanlah rintangan yang berat. Cara mundur di tanjakan ini harus kamu coba yuk.

Setiap pengemudi pasti mengakui kalau berkendara di tanjakan atau turunan yang curam membutuhkan teknik mengemudi yang bagus agar mobil tetap stabil. Kondisi ini menuntut pengemudi pemula maupun expert lebih berhati-hati demi keselamatan diri sendiri dan pengemudi lainnya.

Beberapa Cara Mundur di Tanjakan

Nah, buat kamu yang memiliki mobil transmisi manual, sebenarnya ada teknik khusus yang dapat diterapkan untuk melalui tanjakan dan turunan dengan aman. Berikut ini penjelasan terkait cara mundur di tanjakan atau lebih tepatnya teknik yang wajib diketahui saat menghadapi jalur menanjak.

  • Periksa Tingkat Kemiringan Tanjakan

Teknik pertama saat melaju di jalur menurun adalah perkirakan tingkat kemiringan medan. Gunakan persneling sedang jika kondisi tanjakan tidak terlalu tajam. Sementara itu ganti ke posisi gigi rendah, jika kondisi tanjakan terlalu ekstrem.

  • Mengerem Setengah Kopling

Kalau kamu terjebak kemacetan di tanjakan dan harus menjaga jarak dengan mobil yang ada di depan, cara mundur di tanjakan yang aman dengan menghentikan mobil memakai rem dan posisikan gigi rendah.

Menggunakan metode tiga pengereman juga boleh diterapkan. Dimulai dengan rem tengah, lanjut pada rem kaki dan posisikan setengah kopling. Teknik ini terbilang cukup sulit, dan untuk menguasainya kamu harus sering berlatih.

  • Mengerem Dengan Handbrake

Teknik berikut ini sebagai pilihan alternatif buat kamu pengemudi pemula dan belum terbiasa dengan metode setengah kopling. Seperti yang sudah dijelaskan pengereman setengah kopling menuntut kamu berada dalam kondisi prima, sehingga injakan pedal rem tidak terlepas.

Caranya, injak pedal kopling memakai kaki kiri secara penuh, kemudian kaki kanan bersiap menginjak pedal gas. Selanjutnya posisi tangan kanan bersiap menarik tuas handbrake dan begitu mobil berhenti, injak pedal kopling hingga mobil tertahan, namun kondisi mesin masih hidup.

  • Mengerem Dengan Kaki

Teknik berikut ini mengandalkan keterampilan kaki saat menginjak pedal rem dan kopling secara bersamaan. Jika kamu sudah mahir dengan cara mundur di tanjakan menggunakan teknik ini, artinya kamu termasuk expert sebagai pengemudi mobil manual.

Caranya, injak pedal rem memakai kaki kanan dan injak pedal kopling memakai kaki kanan, sehingga mobil. Teknik kombinasi ini dapat dipakai saat kondisi jalan tanjakan tidak terlau macet.

  • Jaga Jarak Aman

Memberikan jarak aman dengan kendaraan lain merupakan bagian cara mundur di tanjakan yang paling penting. Karena kamu tidak tahu bagaimana kondisi pengemudi lain, apakah pengemudi yang ada di depan dan di belakang siap menghadapi kondisi tidak terduga atau tidak.

Space atau jarak aman ini akan memberikan kemudahan buat kamu dalam mengambil tindakan saat terjadi kondisi berbahaya. Misalkan harus mundur ke belakang maupun maju ke depan, masih ada jarak kosong untuk dipakai.

Itulah kelima cara mundur di tanjakan atau teknik menjaga posisi kendaraan tetap stabil saat terhenti di jalan menanjak. Lalu teknik apa yang paling aman dipakai? Jawabannya relatif pada kebiasaan dari pengemudi itu sendiri.

Buat kamu yang memiliki rencana berkendara melalui jalur pegunungan, pastikan kondisi rem kendaraan dalam keadaan bagus. Karena semua teknik yang sudah dijelaskan tidak akan maksimal, jika kondisi komponen pada kendaraan tidak mendukung. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *