mobil bekas murah

source: pixabay.com

Cara Mengkilapkan Cat Mobil Agar Makin Kinclong

Mobil lama, tetapi masih terlihat seperti baru bukanlah hal yang mustahil terjadi. Saat ini ada banyak tips and trick untuk mengubah tampilan mobil terlihat lebih muda dari masa pakainya. Terlebih jika kamu rajin merawat mobil secara rutin, sudah bisa dipastikan dari segi tampilan luar tetap bagus, dan dari segi performa mesin dijamin tetap optimal. Berikut pembahasan cara mengkilapkan cat mobil agar makin kinclong.

Perawatan mobil secara berkala tidak terbatas pada komponen-komponen dan mesin kendaraannya saja. Bodi mobil atau tampilan luar kendaraan kamu juga membutuhkan perhatian khusus. Salah satunya yaitu kondisi cat mobil. Banyak faktor yang membuat kondisi cat kurang mengkilap, seperti polusi di udara, mencuci dengan air panas, pemolesan menggunakan bahan abrasive, dan masih banyak lagi.

  1. Cara Mengkilapkan Cat Mobil Agar Makin Kinclong

Nah, buat kamu yang penasaran cara mengkilapkan cat mobil agar makin kinclong sebenarnya tidak sulit. Sebelum itu, kamu harus tahu jenis-jenis cat mobil yang sering dipakai. Nitro Cellulose (NC) yang digunakan mobil keluaran 80-an, Nitro Celulose Modified biasanya digunakan pada mobil keluaran 90-an, dan untuk mobil keluaran 2000-an ke atas menggunakan cat Polyurethane (PU).

Tidak perlu berlama-lama lagi, berikut ini cara mengkilapkan cat mobil agar makin kinclong yang dapat kamu coba praktikan. Apa saja tips yang dimaksudkan? Simak poin penjelasannya di bawah ini:

  • ‚óŹ       Cuci Mobil Secara Rutin

Faktor polusi udara merupakan penyebab utama yang mempengaruhi daya tahan cat mobil. Usahakan cuci mobil dua kali dalam seminggu. Namun, sepertinya cukup sulit dilakukan, apalagi kalau kamu termasuk orang yang sibuk.

Solusinya, pastikan jangan sampai mobil dicuci ketika debu sudah menempel cukup tebal atau bisa dibilang hampir mirip media lukisan pasir. Tanpa kamu sadari debu atau asap juga mengandung bahan kimia yang dapat merusak lapisan cat. Gunakan shampoo maupun sabun khusus mobil, sehingga zat yang terkandung aman diaplikasikan pada cat mobil.

  • Keringkan Mobil Setelah Dicuci

Mobil sudah dicuci bersih dan pekerjaan selanjutnya yang juga butuh kesabaran adalah mengeringkan mobil. Gunakan lap microfiber untuk menghindari muncul baret pada lapisan cat. Segera lap bagian mobil yang masih basah, jangan biarkan air sisa cuci mobil membekas pada bodi mobil akibat paparan sinar matahari.

  • Aplikasikan Obat Poles dan Wax

Nah, tips paling ampuh sebagai cara mengkilapkan cat mobil agar makin kinclong adalah menggunakan obat poles dan wax pada body mobil. Obat poles berfungsi mengkilapkan cat mobil. Sementara wax berfungsi untuk melindungi cat mobil.

Dengan mengkombinasikan dua bahan tersebut, dijamin membuat tampilan cat mobil kamu semakin kinclong dan bekas baret akan ikut tersamarkan. Saat mengaplikasikan obat poles dan wax, setelah kering, bersihkan lagi dengan lap microfiber agar hasilnya semakin maksimal.

  • Gunakan Pelindung Mobil

Pemasangan cover pada mobil termasuk cara yang tepat agar cat mobil tetap kinclong. Apalagi mobil harus diparkirkan setiap hari di luar ruangan, penggunaan pelindung mobil adalah cara paling efektif mencegah debu, baret dan efek perubahan cuaca yang tidak menentu.

Usahakan kamu pilih area parkir di tempat yang teduh agar cat mobil tidak mudah mengelupas. Misalkan musim hujan tengah berlangsung, jangan biarkan mobil terkena air hujan terlalu lama. Karena air hujan bersifat asam dan hal ini tidak bagus untuk cat mobil.

Itulah beberapa cara mengkilapkan cat mobil agar makin kinclong dimana cukup mudah layaknya merawat mobil pada umumnya. Hal terpenting adalah kalau ada waktu luang, jangan malas untuk merawat mobil. Karena semua tips yang sudah dijelaskan di atas tidak butuh biaya banyak. Jadi lebih hemat bujet dibandingkan harus dibawa ke salon mobil terdekat. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *