cara mencuci mobil

source: pixabay.com

Cara Mencuci Mobil yang Benar Agar Cat Lebih Awet

Kegiatan mencuci mobil bukan hanya sekedar membasahi body mobil dan kemudian dikeringkan menggunakan lap. Terdapat beberapa hal yang harus dihindari sehingga risiko muncul goresan halus atau cat mobil mulai pudar pada body mobil bisa diminimalisasi. Jika kamu tahu cara mencuci mobil yang benar, semua risiko tersebut dengan mudah dapat dihindari.

Cara Mencuci Mobil yang Benar

Keberadaan tempat cuci mobil saat ini sangat memudahkan pemilik kendaraan. Apalagi kamu termasuk orang sibuk dan jarang mempunyai waktu luang, pasti sangat terbantu. Namun tidak ada salahnya, ketika akhir pekan dan kamu sedang tidak ada kegiatan, cucilah mobil di rumah. Bagaimana cara mencuci mobil di rumah yang benar? Berikut ini mekanisme cuci mobil dengan cara yang tepat:

  • Siapkan Alat dan Produk Khusus

Langkah pertama adalah siapkan peralatan dan produk khusus cuci mobil agar hasil lebih efektif. Biasanya yang harus ada yaitu sarung tangan karet, serat mikro, dan handuk berbulu untuk mengeringkan. Jika di rumah hanya ada spons atau busa biasa dengan kanebo, itu pun sudah cukup dipakai cuci mobil. Bagian terpenting dan tidak boleh diganti yaitu gunakan shampoo khusus mobil.

  • Bersihkan Seluruh Body Mobil

Sebelum mencuci mobil, bersihkan debu dan kotoran yang menempel pada body mobil menggunakan lap microfiber atau kain yang lembut. Kemudian bersihkan bagian bawah mobil dengan semprotan air berkecepatan tinggi dan arahkan dari atas ke bawah. Lakukan hal yang sama pada bagian atas mobil. Air akan membuat kotoran atau debu yang membandel lebih dibersihkan tanpa harus digosok.

  • Cuci Mobil Dengan Shampoo

Siapkan dua ember air, satu untuk air bershampoo dan ember kedua untuk membilas spons atau lap yang kotor. Mulailah mencuci dari bagian atas mobil. Tujuannya adalah air shampoo bekas cuci akan mengalir ke bawah sehingga nantinya kamu lebih mudah saat mencuci bagian bawah mobil.

Alasan harus menggunakan shampoo khusus sebagai cara mencuci mobil yang benar adalah kandungan produk tersebut mengandung bahan dengan pH balance. Jadi tingkat keasaman pada air akan dinetralkan, karena kandungan zat besi yang tinggi meningkatkan risiko karat body mobil. Selain itu, penggunaan shampoo yang tepat akan melindungi lapisan cat mobil.

  • Bilas Dengan Air Bersih

Segera bilas busa shampoo pada bagian mobil menggunakan air bersih. Jangan biarkan sisa-sisa busa kering akibat paparan sinar matahari, karena akan meninggalkan bekas noda. Jadi akan lebih baik, pilih lokasi cuci mobil di area yang teduh atau hindari paparan langsung sinar matahari. Kemudian, pastikan semprotkan air pada celah – celah mobil yang tersembunyi agar semua terlihat bersih menyeluruh.

  • Keringkan Dengan Lap Khusus

Jika sisa-sisa air cuci mobil masih terlihat, segera keringkan menggunakan lap khusus mobil yang bersih dan kering. Sama seperti sisa air busa, jangan biarkan sisa air cuci mobil kering oleh panas terik matahari, karena akan meninggalkan noda air kering.

Kamu boleh mengaplikasikan obat poles atau wax untuk membuat warna cat mobil semakin mengkilap. Obat poles berfungsi mengkilapkan cat mobil, sementara wax berfungsi menjaga lapisan cat.  Hasilnya mobil kamu akan terlihat seperti baru lagi.

Demikianlah beberapa cara mencuci mobil yang benar dan bisa diterapkan ketika kamu berkeinginan mencuci mobil di rumah. Namun tidak ada salahnya, kamu membawa mobil ke tempat cuci mobil untuk mendapatkan perawatan yang lebih profesional sesekali. Sementara dengan cuci mobil sendiri di rumah, sebagai bentuk kewajiban setiap pemilik kendaraan jika sedang punya banyak waktu luang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *