tips cara irit bensin

source: pixabay.com

Tips Cara Irit Bensin Mobil Agar Lebih Hemat!

Siapa yang tidak ingin kendaraannya hemat bahan bakar atau bensin? Semua orang pastinya ingin agar kendaraan milik mereka menggunakan bensin yang lebih hemat. Dengan begitu, penggunanya tidak akan mengeluarkan budget lebih hanya untuk bahan bakar saja. Maka dari itu, tidak heran kalau banyak sekali produsen otomotif mengeluarkan kendaraan-kendaraan yang diklaim bisa hemat bahan bakar. Ini dia tips cara irit bensin mobil agar lebih hemat.

Namun, ada kalanya kendaraan tersebut tetap memakan bahan bakar yang cukup banyak sehingga menjadi boros pengeluaran bagi penggunanya. Hal ini biasanya terjadi karena dibarengi pemakaian yang tidak wajar. Selain itu, terdapat beberapa tips dan trik khusus yang bisa kamu gunakan agar kendaraan tidak boros bahan bakar. Untuk mobil, di sini kamu bisa mengetahui cara irit bensin mobil dengan mudah. Dengan begitu, pengeluaranmu akan bahan bakar akan lebih hemat. Penasaran? Cek terus tulisan di bawah ini ya!

Cara Irit Bensin Mobil Manual Yang Perlu Kamu Ketahui

Terdapat beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk menghemat bahan bakar. Untuk mobil manual dan mobil matic, terdapat beberapa perbedaan pada cara yang dilakukan. Untuk itu, sekarang akan dibahas cara irit bensin mobil manual terlebih dahulu.

1. Isi Ulang Bahan Bakar Saat Setengah Penuh

Tips pertama untuk menghemat bahan bakar adalah melakukan isi ulang pada waktu yang tepat. Salah satu waktu tepat untuk melakukan pengisian ulang adalah saat isi tangki bahan bakar setengah penuh. Kalau indikator tangki bensin sudah menunjukan bahwa tangki setengah penuh, kamu bisa langsung isi ulang bahan bakar. Hal ini dilakukan agar kandungan udara pada tangki tidak banyak.

Bensin merupakan senyawa yang gampang menguap. Untuk mengurangi kerugian karena sifatnya yang menguap ini kamu bisa mengisi ulang saat tangki dalam kondisi setengah penuh. Dengan begitu kandungan udara dalam tangki tidak banyak.

2. Kendalikan Putaran Mesin

Hal kedua yang bisa kamu lakukan untuk menghemat bahan bakar adalah dengan mengendalikan putaran mesin. Putaran mesin ini bisa memiliki pengaruh yang besar pada bahan bakar mobilmu. Semakin besar putaran mesin yang dilakukan semakin banyak pula ia mengkonsumsi bahan bakar. Maka dari itu, dianjurkan untuk tetap menstabilkan putaran mesin pada kecepatan 3000 rpm.

Kecepatan putaran mesin ini merupakan kecepatan yang ideal. Tidak lebih dan tidak kurang. Kamu bisa mengecek kecepatan putaran mesin ini dengan mudah pada indikator yang terdapat pada dashboardmu. Dengan begitu kamu bisa lebih menghemat penggunaan bensin.

3. Optimalkan Tekanan Ban

Hal ketiga yang bisa kamu lakukan adalah mengoptimalkan tekanan ban. Seluruh bobot mobil ditumpu oleh ban. Maka dari itu, ban dengan tekanan angin yang pas akan membuat mobil melaju dengan sempurna. Jangan sampai ban mobil kempes. Mesin akan bekerja lebih keras untuk membuat mobil maju dan bensin yang dikonsumsi menjadi lebih banyak. Jadi pastikan tekanan ban mobilmu sudah pas ya!

4. Gunakan Posisi Gigi Yang Tepat

Hal terakhir yang bisa kamu lakukan adalah menggunakan posisi gigi yang tepat. Posisi gigi berpengaruh pada kecepatan putaran mesin juga. Semisal kamu melewati jalanan yang menanjak. Jangan gunakan posisi gigi yang tinggi karena akan membuat mesin mobilmu mengonsumsi banyak bahan bakar.

Lebih baik menggunakan posisi gigi yang rendah. Dikarenakan jalannya menanjak, mobil memang akan terasa lebih pelan namun kamu tetap bisa berjalan maju. Dengan begitu, bensinmu akan lebih hemat.

Itulah beberapa cara irit bensin mobil manual yang bisa kamu ikuti. Mudah sekali bukan? Terapkan cara-cara ini agar pengeluaranmu akan bensin mobil lebih hemat. Ini dia tips cara irit bensin mobil agar lebih hemat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *