tips berkendara jarak jauh

source: wardsauto.com

Tips Berkendara Jarak Jauh Sendirian Yang Aman!

Apakah kamu perlu berkendara jarak jauh dalam waktu dekat? Beberapa orang biasanya akan melakukan perjalanan jarak jauh untuk keperluan tertentu. Bisa untuk keperluan dinas, liburan, pulang kampung, dan hal lainnya. Berkendara jarak jauh ini juga bisa menggunakan sepeda motor atau menggunakan mobil. Namun seperti yang kamu ketahui, berkendara jarak jauh akan memakan waktu yang tidak sebentar. Kamu harus menyiapkan beberapa hal sebelumnya agar perjalananmu lancar. Yuk simak tips berkendara jarak jauh sendirian yang aman!

Apalagi kalau kamu hanya berkendara sendirian tanpa ditemani orang lain. Pastikan untuk menyiapkan segala hal yang diperlukan sebelum kamu berangkat. Ingin tahu lebih banyak? Kalau kamu mau tahu lebih banyak soal tips berkendara jarak jauh, kamu bisa cek tulisan di bawah ini. Di bawah ini, kamu akan diinformasikan mengenai tips dan hal yang harus disiapkan sebelum berkendara jarak jauh kalau kamu berangkat sendiri saja. Jangan sampai ketinggalan informasi penting ini ya.

Tips Berkendara Jarak Jauh Dengan Aman dan Nyaman

Kalau kamu akan berkendara jarak jauh dalam waktu tempuh yang cukup lama, ada baiknya kamu mengikuti tips berkendara jarak jauh di bawah ini. Tips ini bisa berlaku kalau kamu berangkat sendiri. Berikut adalah tips berkendara sendiri untuk jarak tempuh yang jauh.

1. Cek Kondisi dan Siapkan Kendaraan

Sebelum melakukan perjalanan jarak jauh, kamu harus benar-benar menyiapkan kendaraan yang akan kamu gunakan. Cek kondisi kendaraan. Apakah kendaraan dalam kondisi bagus atau rusak. Semisal saja kamu menggunakan sepeda motor. Cek tekanan ban pada motor. Jangan sampai tekanan terlalu rendah atau terlalu tinggi. Perhatikan juga oli mesinnya.

Apakah sudah kamu ganti atau belum. Selain itu perhatikan persediaan bahan bakar agar kendaraan kamu tidak mogok tiba-tiba nantinya. Semisal kamu menggunakan mobil, lakukan hal yang sama. Cek tekanan ban, ketersediaan bahan bakar, oli mesin, air radiator, dan bagian lainnya. Pastikan kendaraan siap untuk menempuh jarak yang cukup jauh.

2. Istirahat yang Cukup

Hal kedua yang perlu kamu perhatikan sebelum berangkat adalah keadaan dirimu sendiri. Pastikan untuk istirahat yang cukup sebelum kamu berangkat. Jangan melakukan perjalanan jauh sendirian kalau kamu dalam keadaan yang kurang fit. Berangkat kalau badanmu terasa sehat dan bugar saja. Hal ini dikarenakan kamu membutuhkan energi penuh untuk berkendara.

Selain itu, kamu juga harus menyempatkan untuk beristirahat saat sedang menempuh perjalanan. Kalau perjalanan memakan waktu satu hari atau lebih, usahakan untuk menepi di rest area atau tempat lainnya untuk istirahat. Makanlah tepat waktu dan tidur yang cukup agar kamu bisa kuat melanjutkan perjalanan.

3. Ketahui Rute yang Akan Ditempuh

Hal terakhir yang perlu kamu perhatikan adalah rute perjalanan. Kalau perjalanan yang kamu lakukan memakan waktu yang cukup lama berarti jalan yang kamu tempuh juga panjang. Pastikan kamu mengetahui jalan mana yang harus kamu ambil sehingga kamu bisa memperkirakan waktu perjalanan. Kamu bisa menggunakan peta digital pada smartphone kamu. Gunakan paket data seluler atau Wi-Fi portable agar smartphonemu terhubung dengan internet. Setelah itu, buka aplikasi peta digital yang biasanya sudah ada di smartphone. Ketikan tempat tujuan dan otomatis kamu akan diarahkan ke sana. Jangan segan untuk bertanya kepada orang di sekitar kalau kamu masih bingung.

Itulah beberapa tips berkendara jarak jauh. Jadi, kamu sudah siap untuk berangkat?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *