cara merawat mobil manual

source: wikipedia

Kelebihan Mobil Manual Untuk Kamu Yang Akan Beli

Transportasi merupakan salah satu kebutuhan wajib yang harus dipenuhi oleh manusia. Transportasi memudahkan kamu untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Memilih alat transportasi membutuhkan pertimbangan agar tidak salah dalam pemilihannya. Mobil menjadi salah satu alat transportasi yang cukup digemari masyarakat. Hal ini bukan tanpa alasan, karena mobil memiliki fitur dan fasilitas yang tidak ada pada motor. Kamu juga bisa membawa mobil untuk perjalanan jarak jauh dengan sedikit rasa lelah. Kini, kamu bisa menemukan mobil yang mudah untuk dikendarai karena menggunakan transmisi matic. Yuk simak kelebihan mobil manual sebelum membelinya ya.

Namun, transmisi memiliki kekurangan terutama untuk bahan bakar. Maka dari itu, apabila kamu ingin menghemat bahan bakar maka mobil dengan sistem transmisi manual dapat dijadikan pilihan terbaik. Kelebihan mobil manual selain terletak pada bahan bakar juga pada sistem pengoperasian. Mobil manual memiliki beberapa komponen seperti 3 pedal yang terdiri dari kopling, rem dan juga gas. Mobil manual di operasikan dengan cara memindahkan gigi secara manual yang dilakukan pada  pedal kopling serta tuas kopling. Meskipun menggunakan pedal namun mobil manual lebih stabil apabila dibandingkan dengan mobil matic. Kelebihan mobil manual lainnya dapat kamu lihat pada ulasan berikut.

Kelebihan Mobil Manual Yang Perlu Kamu Ketahui

Mobil manual merupakan mobil yang menggunakan transmisi manual yaitu digerakkan berdasarkan pedal kopling. Mobil manual apabila dilihat dari cara pengoperasiannya tentu berbeda dengan mobil matic. Namun, masih banyak orang yang menggunakan mobil manual karena pertimbangan keamanan serta penghematan pada bahan bakarnya. Mobil manual memiliki kelebihan berdasarkan perbedaan yang dimilikinya dari mobil matic.

  1. Dilihat Pada Akselerasinya

Mobil manual mempunyai transmisi yang responsif apabila dibandingkan dengan  mobil matic. Transmisi yang lebih responsif membuat akselerasi yang dihasilkan oleh mobil manual lebih cepat. Maka dari itu, tak heran apabila mobil manual sering dirancang sebagai mobil balap. Mobil manual yang memiliki kecepatan akselerasi lebih tinggi tentu akan membuat mobil semakin terdepan ketika melaju. Kecepatan akselerasi ini juga menjadikan mobil manual sebagai pilihan bagi kaum milenial seperti sekarang ini.

  1. Kenyamanan Ketika Digunakan Berkendara

Kenyamanan merupakan prioritas utama ketika berkendara. Semua orang tentu ingin berkendara secara cepat dan nyaman pada setiap perjalanannya. Mobil manual biasanya lebih dipilih untuk orang yang telah lama menggunakan mobil karena mampu mengkondisikan letak kaki dan tangan secara bersamaan. Kamu bisa mengendalikan mobil secara tepat namun tidak menimbulkan rasa lelah.

  1. Perawatan Mobil

Perawatan mobil menjadi bagian yang wajib dilakukan setiap bulannya. Kamu perlu memperhatikan kondisi mobil agar tetap terjaga ketika digunakan. Perawatan mobil biasanya berbeda-beda sesuai dengan tipe mobil. Mobil manual lebih hemat dalam hal perawatan apabila dibandingkan dengan mobil manual. Apabila terdapat masalah terhadap AC mobil kamu bisa merawat dan menggantinya sendiri. Hal ini tentu berbeda apabila dibandingkan dengan mobil matic yang harus dibawa ke bengkel. Keawetan kopling dan komponen yang ada pada mobil manual juga dapat dirawat sendiri tanpa harus ke bengkel. Dana yang dikeluarkan untuk merawat mobil manual lebih sedikit apabila dibandingkan dengan mobil matic.

  1. Bahan Bakar yang Digunakan

Bahan bakar yang digunakan untuk mobil manual lebih sedikit karena mesin tidak bekerja secara maksimal. Hal ini berbeda dengan mobil matic yang menggunakan mesin secara besar dan tentu membutuhkan bahan bakar yang besar pula.

Untuk kamu yang lebih suka tantangan sebaiknya memilih mobil manual ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *