cara merawat mobil matic

source: pixabay.com

Cara Merawat Mobil Matic Agar Selalu Prima

Semua benda tentu membutuhkan perawatan agar tetap awet dan nyaman ketika digunakan. Hal tersebut juga berlaku untuk benda bergerak yang digunakan sehari-hari seperti halnya mobil. Kamu perlu memperhatikan kondisi mesin dan tampilan luarnya agar mobil tetap nyaman digunakan berkendara jarak jauh ataupun dekat. Yuk simak cara merawat mobil matic kesayanganmu.

Mobil yang tergolong dalam alat transportasi mempunyai cara-cara tersendiri untuk merawatnya karena berhubungan dengan mesin serta kecepatan akselerasinya. Mobil matic merupakan mobil yang cukup banyak diminati hingga sekarang. Cara merawat mobilĀ  matic tentunya akan berbeda dengan mobil manual. Maka dari itu, bagi kamu yang baru pertama kali memiliki mobil matic dapat melihat ulasan di bawah untuk tahu cara merawat mobil matic.

Cara Merawat Mobil Matic Yang Perlu Kamu Terapkan

Cara merawat mobil matic menjadi suatu upaya agar mobil tetap dapat digunakan dalam waktu yang lama. Mobil yang tidak dirawat dengan benar biasanya akan mudah mogok ataupun boros terhadap bahan bakar. Kamu perlu memperhatikan cara perawatan mobil matic dengan benar agar kondisi mobil dalam keadaan baik dan siap untuk dibawa berkendara kapanpun waktunya. Berikut cara merawat mobil matic yang bisa kamu terapkan.

  1. Mengganti Oli Transmisi Secara Teratur

Oli menjadi hal yang tidak boleh dilewatkan untuk sebuah mobil. Mengganti oli transmisi menjadi salah satu cara untuk merawat mobil. Penggantian oli dapat kamu lakukan berdasarkan jarak tempuh dan juga waktu penggunaan mobil tersebut. Kamu bisa mengganti oli transmisi secara otomatis ketika mobil telah menempuh jarak sekitar 50.000 km.

Namun, apabila kamu lebih sering menggunakan mobil maka sebaiknya diganti sebelum mencapai jarak tempuh 50.000 km. Oli yang digunakan untuk transmisi haruslah oli yang bagus agar kondisi dalam mobil tetap terjaga. Setelah penggantian oli pun kamu harus rutin mengecek keadaan oli dalam transmisi. Hal ini untuk mencegah adanya kebocoran yang bisa saja terjadi pada transmisi mobil. Oli yang telah berwarna coklat juga wajib diganti karena memungkinkan terjadinya karat dan bisa merusak mesin.

  1. Memposisikan Tuas Transmisi Dengan Tepat

Bagi mobil matic selain mengganti oli secara teratur kamu juga perlu untuk memposisikan tuas transmisi dengan tepat. Cara ini harus diterapkan untuk kamu yang sering berkendara dengan mobil matic. Mobil matic yang berhenti di lampu merah, maka pastikan tuas transmisi di letakkan pada posisi netral.

Jangan meletakkan tuas transmisi pada posisi D karena hal ini akan menyebabkan mobil berhenti dan kanvas kopling bergesekan secara terus menerus. Apabila kamu sering melakukan hal ini maka koling akan cepat aus dan harus diganti. Kopling yang aus juga memungkinkan mobil tidak bekerja secara optimal.

  1. Memanaskan Mobil Sebelum Digunakan

Mobil yang akan digunakan lebih baik untuk dipanaskan pada pagi hari. Apabila kamu melakukan pemanasan terhadap mobil maka performa mobil akan tetap prima selama perjalanan. Manfaat lain yang dapat kamu rasakan ketika memanaskan mobil secara teratur yaitu transmisi pada mobil matic akan awet dan tidak mudah aus. Hal ini menjadi salah satu cara merawat mobil matic yang paling mudah untuk dilakukan.

Namun, bagi kamu yang belum lama menggunakan mobil matic perlu diperhatikan untuk memposisikan tuas transmisi pada N ketika mobil sedang dipanaskan. Posisi tersebut bisa dikatakan sepele namun akan berpengaruh terhadap usia transmisi dapat digunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *