cara merawat mobil manual

source: wikipedia

Cara Merawat Mobil Manual Mudah Dilakukan

Mobil membutuhkan perawatan maksimal agar dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Perawatan mobil bukan hanya untuk mobil bekas namun juga untuk mobil baru. Mobil yang setiap hari digunakan tentu perlu di cek terkait transmisi maupun keadaan oli yang ada pada mobil. Mobil yang jarang dirawat tentu akan mudah mengalami kerusakan dan justru membutuhkan biaya yang cukup mahal ketika diperbaiki. Simak yuk cara merawat mobil manual yang mudah untuk dilakukan.

Cara merawat mobil manual dengan benar perlu kamu perhatikan agar performa mobil tetap optimal meskipun umur mobil sudah lama. Perawatan mobil yang tidak benar juga mempunyai dampak yang buruk seperti terjadinya kerusakan pada mobil. Maka dari itu, kamu perlu memperhatikan cara merawat mobil manual yang benar.

  1. Cara Merawat Mobil Untuk Mempertahankan Performa

Perawatan mobil manual dapat dikatakan mudah asalkan kamu mengetahui cara dan juga tahap-tahap perawatannya. Cara merawat mobil manual yang terpenting adalah pada bagian transmisi dan bagian dalam mobil. Untuk mengetahui lebih lengkap tentang cara merawat mobil manual kamu dapat melihat pada ulasan berikut.

  1. Mengganti Oli dan Filter Oli Tepat Waktu

Kinerja sebuah mesin tergantung pada perawatan yang berhubungan dengan oli. Kondisi mesin yang selalu optimal tentu membuat mobil dapat bergerak secara teratur. Oli mobil harus diganti secara berkala sesuai dengan kebutuhan mesin. Penggantian oli mobil biasanya tergantung pada tipe mobil serta jauhnya jarak yang ditempuh. Rata-rata penggantian oli mobil yaitu setelah menempuh jarak 3000 km atau 5000 km.

Tak hanya oli mobil, kamu juga harus memperhatikan filter mobil yang ada pada transmisi. Oli dan filter oli ini sangat berkaitan erat, maka dari itu ketika kamu akan mengganti oli mobil maka perlu melihat keadaan filter yang digunakan. Filter mobil yang telah lama digunakan biasanya akan mengganggu kinerja dari oli mobil. Mobil yang memiliki filter dan oli kotor agar bergerak secara lambat.

  1. Air Radiator Yang Cukup

Fungsi dari air radiator adalah mendinginkan mesin ketika digunakan berkendara. Kamu harus memastikan bahwa air yang ada di tabung radiator selalu ada. Kamu perlu mengisi air radiator ini secara berkala agar mesin tetap bekerja secara optimal. Kamu bisa menggunakan air wiper untuk mengisi air radiator. Pastikan air yang berada di radiator tidak habis karena akan berpengaruh pada mesin mobil.

  1. Mengecek Starter Mobil Secara Teratur

Ketika kamu menghidupkan mobil dan mobil tidak dapat distarter berarti terdapat kerusakan yang ada di dalamnya. Starter yang tidak bekerja biasanya dikarenakan berkurangnya suplai udaraa ataupun bahan bakar yang ada di dalamnya. Kamu perlu memeriksa saringan (filter) yang ada pada mobil. Kamu bisa mencabut filter serta membersihkannya menggunakan kuas. Apabila kamu tidak mempunyai kuas kamu juga bisa menggunakan sikat gigi. Ketika kamu telah melakukan hal tersebut namun mobil tetap tidak dapat menyala berarti mobil harus segera dibawa ke bengkel.

  1. Mengecek Timing Belt

Timing belt adalah komponen yang terdapat pada mobil dan berguna untuk meneruskan putaran roda-roda gigi yang telah dihubungkan dengan bagian internal mesin. Apabila kamu mendengar suara dengung ketika mobil sedang dinyalakan maka terjadi kerusakan pada timing belt. Kerusakan yang terjadi pada timing belt akan menyebabkan timing belt putus sehingga komponen-komponen tidak tersambung sempurna dan dapat menyebabkan mesin mobil rusak.

Cara-cara di atas dapat kamu terapkan untuk menjaga performa mobil kamu ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *