cara mengendarai mobil matic

source: pixabay.com

Cara Mengendarai Mobil Matic Dari Dasar

Mengendarai mobil bagi seseorang yang belum pernah tentu membutuhkan proses pembelajaran. Mobil matic menjadi salah satu pilihan mobil yang cukup banyak digemari karena dapat dikendarai dengan mudah. Bagi pemula hadirnya mobil matic tentu sangat membantu karena sistem transmisi otomatis yang memudahkan untuk menguasai gas dan rem mobil. Mobil matic yang telah dirancang dengan teknologi terbaru biasanya akan mempunyai fitur-fitur terbaru yang lebih modern dibandingkan dengan mobil manual. Yuk simak cara mengendarai mobil matic dan kenali dulu bagian pentingnya.

Bagi kamu yang masih awam dan belum pernah mengendarai mobil maka bisa mencoba untuk belajar cara mengendarai mobil matic. Ketika kamu mulai belajar cara mengendarai mobil matic maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar tidak salah ketika berkendara. Memahami bagian dan fitur pada mobil juga menjadi bagian penting yang perlu diperhatikan ketika kamu mulai mengendarai mobil. Ketika kamu sudah memahami bagian dan fitur yang ada pada mobil matic maka akan semakin mudah dalam mempelajari cara mengendarai mobil matic. Untuk mengetahui lebih jelas tentang poin penting yang ada pada mobil matic kamu dapat melihat ulasan berikut.

Poin Penting yang Ada Pada Mobil Matic

Bagi kamu yang baru belajar mengendarai mobil matic tentu perlu mengetahui poin penting yang ada pada mobil matic. Bagian-bagian penting pada mobil matic harus dipelajari agar tidak terjadi kesalahan selama mengendarai mobil tersebut. Berikut poin penting yang wajib kamu ketahui tentang mobil matic.

  1. Transmisi Otomatis

Seperti yang kamu ketahui bahwa mobil matic menggunakan transmisi otomatis. Transmisi otomatis ini disematkan pada mobil dengan basis planetary gear set yang memungkinkan perpindahan dengan cepat dan dilakukan secara otomatis. Perpindahan ini juga dikenal dengan perpindahan bertingkat AT atau step AT dan juga CVT. Perbedaan keduanya biasanya tergantung pada jenis dan tipe mobil yang digunakan.

  1. Overdrive (OD)

Transmisi otomatis terdiri dari dua tipe salah satunya yaitu CVT. Transmisi CVT ini biasanya akan dilengkapi dengan tombol overdrive (OD). Untuk step AT/TA biasanya memiliki fasilitas OD yang ada pada bagian tuas gigi untuk beberapa produsen mobil. Untuk beberapa mobil apabila kamu ingin menonaktifkan OD maka hanya perlu menggeser tuas pada posisi ketiga di urutan transmisinya.

  1. Hemat Dan Akselerasi Cepat

Mobil matic dikenal sebagai mobil yang cepat dan performa tinggi. Untuk harga mobil matic pun tidak berbeda jauh dengan mobil manual. Maka dari itu, banyak orang yang memilih mobil matic selain karena harganya yang tidak berbeda jauh juga karena sistem pengoperasiannya yang mudah dan dapat dilakukan oleh semua orang.

  1. Mild Dan Premium

Perlu kamu ketahui bahwa beberapa mobil matic menjadi tipe tertinggi di kelasnya. Mobil-mobil kelas premium biasanya akan dilengkapi dengan sistem pengoperasian yang lebih modern sehingga lebih mudah untuk dioperasikan. Mobil kelas premium juga dilengkapi dengan sistem ganda atau bisa dikenal sebagai manual matic (tiptronic). Kamu bisa mengganti mobil untuk tipe manual dan juga matic sesuai dengan keadaan.

  1. Tuas Transmisi Pada Mobil

Tuas transmisi menjadi bagian penting pada mobil matic. Ada beberapa bagian pada tuas transmisi seperti, huruf P yang biasanya digunakan untuk parkir. Apabila kamu akan memarkir mobil maka pastikan untuk memindahkan tuas pada huruf P. Huruf R mengindikasikan mundur. Ketika kamu akan mundur maka bisa menggerakkan tuas pada huruf R. Untuk huruf N yaitu digunakan ketika berada di lampu merah. Untuk huruf D yaitu mengatur jalanan datar dan tanjakan.

Bagaimana sudah membaca teori di atas kan? Semoga dengan bekal ini, kamu bisa mempraktekkannya dengan baik ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *