cara mengendarai mobil manual

source: pixabay.com

Cara Mengendarai Mobil Manual dengan Mudah

Cara mengendarai mobil manual cukup penting untuk diperhatikan jika kamu ingin menguasai jalanan dengan baik. Mobil manual dinilai cukup baik untuk digunakan sebagai langkah awal bagi kamu yang ingin belajar menyetir pertama kali. Dengan begitu, kamu akan dapat belajar mobil dengan transmisi lainnya lebih mudah dan lebih cepat. Perlu kehati-hatian dan semangat karena mobil manual ini cukup menantang untuk dipelajari.

Tentu akan muncul komentar bahwa mengemudikan mobil manual ini cukup sulit. Namun ketika kamu sudah menguasainya dan mencoba mobil dengan transmisi lain, kamu akan merasa mobil manual lebih nyaman untuk dikemudikan. Keseimbangan kaki juga dibutuhkan ketika kamu mengendarai mobil manual ini.

Masih kesulitan? Simak tips mengendarai mobil manual berikut ini.

  1. Kenali Pedal

Pada mobil manual, kamu akan menemukan 3 jenis pedal yakni kopling, rem dan gas. Masing-masing pedalnya berbeda fungsi dalam perannya untuk melaju di jalanan. Kamu harus belajar untuk mengenal pedal ini terlebih dahulu sebelum belajar menggunakannya. Rem diinjak ketika akan berhenti, gas diinjak ketika akan menjalankan mobil dan kopling diinjak ketika kamu akan memindahkan transmisi atau melajukan perlahan mobilmu.

Kamu juga harus berkonsentrasi full ketika akan menginjak pedal. Jarak pijakan atau ayunan juga harus tepat. Ketika mengendarainya, kamu sebaiknya melepaskan pedal kopling dengan perlahan dan teratur. Urutannya juga cukup jelas mulai dari paling kiri yakni kopling, rem lalu gas. Jangan sampai kamu salah injak ya, maka penting untuk berkenalan dulu dengan posisi pedal beserta fungsinya.

  1. Tuas Transmisi

Ketika kamu akan menyalakan mobil, pastikan tuas transmisi berada pada kondisi Netral. Fungsi dari tuas transmisi ini adalah untuk melakukan perpindahan gigi. Ketika kamu akan mengganti gigi, injak pedal kopling dengan penuh dan lakukan perpindahan transmisinya dengan hati-hati. Kamu bisa mengganti tuas ke gigi 1 pada saat sudah menyalakan mobil.

Kaki kanan selalu siap di pedal gas dan rem agar dapat digunakan secara bergantian dan kaki kiri harus siap untuk menggunakan kopling. Angkat koplingnya perlahan agar mobil dapat berjalan perlahan. Kemudian angkat kopling hingga penuh agar mobil dapat berjalan dan injak gas ketika mobil sudah dapat berjalan dengan baik ketika kopling diangkat.

  1. Fokus pada Kaki Di Atas Pedal

Kamu yang sudah berhasil menyalakan dan menjalankan awal mobil manual, kini saatnya untuk belajar menjaga kestabilan dari mobil yang digunakan. Kecepatan mobil yang digunakan bisa kamu lihat pada speedometer yang tertera di bawah setir. Jika kamu melaju terlalu lambat, kamu bisa menginjak gas sedikit sampai di kecepatan yang kamu inginkan.

Namun jika dirasa mobilmu melaju terlalu kencang, kamu bisa melakukan pengereman dengan cara geser kaki kanan. Proses pengereman mobil ini diperlukan kerjasama dari kaki kiri untuk menginjak kopling agar pada saat mobil diinjak rem, mobil tidak terus bergerak atau melaju. Sehingga pengereman dapat lebih mudah dilakukan dan kamu dapat berhenti dengan cepat sesuai keinginan.

  1. Berhati-hati Melewati Tanjakan

Mobil manual ini membutuhkan perhatian ketika kamu melewati tanjakan ataupun belokan. Kamu harus menggunakan tuas transmisi pada gigi tertentu ketika berhadapan dengan jalan yang menanjak dan belokan yang cukup tajam. Selain itu tarikan gas dan injakan rem serta kopling juga harus pas agar kamu dapat melaju dengan aman pada kedua kondisi jalanan tersebut.

Itu dia cara mengendarai mobil manual agar kamu mudah menguasai berbagai medan jalanan dengan aman dan juga selamat sampai tujuan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *