audio mobil

source: pixabay.com

Audio Mobil & Masalah Yang Biasa Kamu Temui

Perangkat hiburan yang ada pada mobil dan sering menemani semua pengguna mobil adalah audio mobil. Fitur ini merupakan fitur yang cukup berguna untuk menghilangkan kebosanan ketika terjadi kemacetan atau menempuh perjalanan dengan jarak yang jauh. Dengan adanya audio mobil ini kamu bisa mendengarkan radio atau musik untuk sekedar menghilangkan penat dan menimbulkan stamina kembali setelah lelah perjalanan.

Bahkan, tak sedikit pemilik mobil yang sengaja memasang audio untuk menambah fitur pada mobilnya demi kenyamanan ketika melakukan perjalanan. Audio mobil sama halnya dengan fitur mobil pada umumnya yaitu membutuhkan perawatan dan juga pemantauan secara rutin.  Apabila kamu tidak rutin untuk merawat audio tersebut tentu fungsi ataupun performanya tidak akan maksimal. Banyak orang yang sering mengganti audio pada mobilnya karena perawatan yang telat ataupun salah.

Hal ini tentu merugikan pengguna mobil karena harus mengeluarkan uang dalam jumlah yang tidak sedikit untuk mengganti audio mobil. Ada beberapa kerusakan pada audio yang sering terjadi. Kerusakan tersebut umum terjadi pada semua audio mobil. Kamu hanya perlu mengetahui permasalahan utama dan cara termudah untuk mengatasinya.

Masalah Dan Cara Mengatasi Audio Mobil yang Perlu Kamu Ketahui

Adanya kerusakan pada audio tentu disebabkan oleh beberapa faktor. Ada faktor yang bisa diperbaiki dengan mudah adapun penyebab yang tidak dapat diperbaiki sendiri dan harus dibawa ke bengkel. Bagi kamu yang ingin mengetahui beberapa kerusakan yang terjadi pada audio mobil dapat membaca ulasan berikut.

  1. Power yang Tidak Hidup Serta Lampu Indikator Mati

Power audio yang mati bukanlah masalah pada bagian internal. Kemungkinan besar yang terjadi adalah disebabkan oleh hal sepele seperti kabel yang tidak tersambung. Kamu bisa mengecek ground power yang ada pada audio. Apabila terdapat karatan pada baut-baut yang terhubung dengan power maka bisa dibersihkan.

Kamu bisa dengan mudah membersihkan secara hati-hati untuk membuat power dan audio kembali terkoneksi dengan baik. Selanjutnya, cek kabel berwarna biru yang menghubungkan head unit dan power. Kabel biru REM berfungsi untuk mematikan power saat head unit telah off, maka apabila kabel REM terputus secara otomatis power juga mati.

  1. Power Ampli Proteksi Aktif

Power protek yang aktif dapat kamu lihat ketika lampu protek menyala namun suara audio tidak terdengar. Lampu merupakan indikator yang menjadi tanda sistem proteksi yang aktif dikarenakan ada masalah terhadap power. Sistem ini biasanya sengaja dibuat oleh pabrik yang berguna untuk menghindari kerusakan fatal. Untuk mengetahui secara jelas tentang sistem ini kamu bisa membawa mobil ke bengkel dan menanyakan secara jelas tentang kerusakan yang terjadi.

  1. Suara Audio yang Pecah

Kesalahan pada impedansi juga dapat menyebabkan suara pecah atau cacat pada audio. Kamu dapat memeriksa impedansi audio apakah sudah sesuai dengan rekomendasi dari pabriknya. Daya speaker yang tidak sesuai dengan power ampli mobil juga dapat menyebabkan suara audio pecah. Maka dari itu, sesuaikan output power dengan speaker.

  1. Power Audio yang Cepat Panas, Hingga Mati Sendiri

Power audio yang cepat panas dan mati sendiri dapat disebabkan oleh bukaan gain terlalu besar. Gain dengan ukuran yang besar akan menyebabkan kerja dari transistor final dari output menjadi panas, berat dan mati. Kesalahan impedansi pada speaker juga menyebabkan audio menjadi mati sendiri. Pastikan untuk memeriksa gain untuk mengetahui permasalahan pada audio.

Keempat kerusakan di atas merupakan kerusakan yang paling sering terjadi, jangan sampai kamu menganggap salah satu dari hal tersebut sepele ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *