speaker mobil

source: pixabay.com

Speaker Mobil Kamu Bermasalah? Ini Penyebabnya

Di dalam sistem audio mobil terdapat beberapa komponen elektronik. Kalau kamu sering menggunakannya sudah pasti komponen tersebut lama kelamaan akan mengalami penurunan performa dan bahkan bisa mengalami sebuah kerusakan. Penurunan juga terjadi kalau cara pemakaianmu kurang tepat sehingga komponen lama kelamaan akan melemah. Yuk ketahui masalah pada speaker mobil kamu.

Terdapat beberapa tanda yang dapat kamu temukan pada audio yang bermasalah. Kamu sebagai pemilik mobil harus mengetahui tentang berbagai macam gejala maupun tanda-tanda tersebut. Semakin cepat kamu mengetahui masalah tersebut, maka semakin cepat pula kamu bisa memperbaikinya sehingga kemungkinan kerusakannya juga semakin kecil. Di bawah ini adalah beberapa tanda speaker mobil yang mulai rusak yang perlu kamu ketahui.

  1. Tegangan Aki Mulai Drop

Tanda awal yang akan sering kamu temui saat speaker mulai bermasalah adalah tegangan pada aki mulai drop. Hal ini dikarenakan kapasitas aki semakin berkurang. Masalah tersebut dapat menyebabkan terminal menjadi longgar dan suplai listrik menjadi terganggu.

  • Terminal Bergerak

Tanda selanjutnya kalau perangkat audiomu ini mulai rusak adalah terminal bergerak. Hal ini menyebabkan tegangan berkurang sehingga mengganggu sistem. Tidak hanya itu, sekring utama juga menjadi leleh disebabkan karena pengaruh panas dimana disebabkan bagian pelindungnya ikut meleleh.

  • Tombol Volume Mulai Nggak Berfungsi

Tanda selanjutnya adalah tombol volume mulai nggak berfungsi dengan baik. Hal ini disebabkan karena bagian head unit yang terkadang terganggu fungsinya. Selain itu, kerusakan juga disebabkan akibat kabel yang ada pada bagian head unit ini putus di dalam.

  • Pemutar CD Rusak

Tanda kerusakan selanjutnya adalah proses membaca CD yang mulai lama dan cenderung berhenti atau diam saat masuk pada track musik. Hal ini bisa terjadi karena kamu memutar CD yang ketebalannya nggak sesuai atau kurang pas dengan standar yang dimiliki oleh speakermu. Kondisi CD yang kondisinya buruk juga menjadi faktor lain penyebab kerusakan perangkat ini.

  • Noise yang Berlebihan

Kamu juga bisa mengenali tanda-tanda dari perangkat sound sistem yang bermasalah dari mulai munculnya noise atau suara berisik yang berlebihan. Suara berisik tersebut tanda bahwa suara sudah mulai nggak jernih lagi, artinya perangkatmu mulai menunjukkan kerusakan. Hal ini bisa disebabkan karena banyaknya kotoran yang masuk dan melekat di antara magnet dan voice coil. Kamu yang malas membersihkannya akan membawa dampak kerusakan seperti ini.

  • Muncul Asap

Kalau kamu mulai mencium bau terbakar atau asap yang muncul pada perangkat audiomu, hal ini bisa saja disebabkan karena hubungan pendek arus listrik yang terjadi di antara kabel speaker yang disebabkan oleh sambungan yang sudah mulai berkarat. Perlu kamu ketahui, seringkali korsleting juga bisa terjadi disebabkan oleh hal ini.

  • Mendengar Suara Jedukan

Tanda lainnya yang bisa kamu rasakan adalah timbulnya suara jedukan saat sound system dinyalakan maupun dimatikan. Penyebab hal ini karena terjadinya komponen power yang rusak sehingga ketika dimatikan suara tersebut akan muncul.

  • Suara Berat Sebelah

Pernah kah kamu merasakan bahwa suara speakermu serasa berat sebelah? Hal ini juga menjadi tanda bahwa perangkat audiomu itu sudah mulai menunjukkan kerusakan. Suara yang terdengar satu sisi ini saja disebabkan oleh solderan yang berada pada konektor speaker terlepas sehingga suara yang kamu dengar tersebut seperti terdengar pincang.

Nah, itulah beberapa tanda yang harus kamu ketahui untuk mengetahui bahwa speaker mobilmu sedang bermasalah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *