head unit mobil

source: intersport.id

Head Unit Mobil & Gejala Kerusakannya

Perangkat hiburan mobil salah satunya adalah perangkat audio yang dikatakan sebagai pelepas penat pengemudi saat mengendarai mobil. Kalau berbicara soal perangkat audio, maka nggak bisa lepas juga sama yang namanya head unit yang menjadi salah satu fitur yang wajib dimiliki oleh mobil masa kini. Namun, perlu kamu ketahui kalau head unit ini juga nggak lepas dari beragam masalah.

Kerusakan pada komponen ini seringkali membuat kamu bingung untuk mengatasinya, apalagi kalau kamu kurang jeli dalam mengetahui tanda-tanda kerusakan head unit mobil. Seringkali kamu menemui banyak sekali layar digital head unit yang nggak berfungsi dengan baik. Berikut adalah beberapa tanda kerusakan yang bisa kamu kenali sehingga kamu nanti bisa menemukan solusinya.

  • Cahaya Sudah Mulai Redup

Kamu pasti sering melihat beberapa mobil tua seringkali terganggu fungsi dari layar kabinnya. Layar kabin yang terganggu itu lama kelamaan akan menjadi redup dan cahayanya menjadi kurang terang. Beberapa bagian mulai mati bahkan ada yang mati total dan nggak bisa berfungsi seperti sebelumnya.

  • Perhatikan Pemutar CD

Head unit merupakan salah satu perangkat hiburan utama selama berkendara. Akan tetapi, seperti komponen audio yang lainnya, perangkat ini bisa mengalami berbagai macam kerusakan. Sebenarnya kerusakan dari komponen ini biasanya tergantung oleh jenis yang digunakan. Teruntuk komponen yang standar, biasanya kerusakan terjadi pada pemutar CD. Sedangkan untuk yang jenis double din biasanya kerusakan hadir pada optic serta layar sentuhnya.

  • Tidak Sesuai dengan Sentuhan Jari

Selanjutnya kerusakan bisa terlihat dari layar yang nggak sesuai dengan sentuhan jari. Kalau sudah begini, kamu harus membongkarnya dan segera memperbaikinya. Kalau kerusakan sudah parah, kamu bisa memperbaikinya dengan cara mengganti perangkatnya. Kamu bisa menggantinya dengan perangkat yang baru. Biasanya kerusakan ini disebabkan karena usia perangkat yang sudah tua. Setiap perangkat audio memiliki masa. Biasanya untuk produk yang berasal dari non pabrik usia pakainya sekitar setahunan karena berbeda dengan usia pakai perangkat bawaan dari pabrik yang memiliki kualitas komponen yang jauh lebih baik.

  • Mekanis Pemutar Melemah

Tanda-tanda selanjutnya yang bisa kamu kenali adalah mekanis pemutar yang sudah mulai melemah. Saat kepingan CD kamu masukkan ke dalam, CD tersebut nggak bisa terbaca dengan cepat dan akan terlihat info yang berbunyi “not found” atau bahkan “error”. Terkadang kepingan CD juga ada yang langsung tertolak dan keluar kembali. Ini artinya head unit mobil mengalami kerusakan dan harus segera diperbaiki.

  • Layar Menjadi Blank

Ciri-ciri selanjutnya adalah saat layar kamu aktifkan, layar tersebut nggak menampilkan apapun atau hanya menunjukkan warna biru, kamu bisa menyebut keadaan ini dengan “blank” . Hal ini terjadi dikarenakan optic dari perangkat audionya melemah atau bahkan sudah mengalami kerusakan.

  • Tombol Tidak Sesuai Perintah

Kamu juga bisa melihat tanda-tanda kerusakan pada perangkat audio satu ini apabila tombol yang diaktifkan nggak sesuai dengan perintahmu. Contohnya saat kamu berniat memindah lagu namun yang terjadi adalah perintah menaikkan volume. Dari sini kamu bisa tahu bahwa ini adalah salah satu ciri-ciri perangkat audio mulai menunjukkan kerusakan.

Nah, sekarang kamu sudah mengerti kan beberapa tanda kerusakan dari head unit mobil? Kalau kamu mengetahui tanda-tanda kerusakan ini, nantinya kamu bisa dengan mudah untuk memperbaikinya dan segera menemukan cara untuk membuatnya berfungsi kembali. Semoga informasi ini bisa membantumu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *