aksesoris velg ban mobil

source: pixabay.com

Aksesoris Velg Ban Mobil Ini Harus Kamu Hindari!

Pengemudi atau pengguna kendaraan roda empat seperti mobil pasti tahu betapa pentingnya velg mobil. Velg mobil atau bisa dikatakan sebagai kerangka ban merupakan komponen pada mobil yang berfungsi sebagai kerangka dari ban mobil. Dengan begitu ban bisa menumpu beban mobil dan bisa berjalan dengan sempurna. Maka dari itu, kehadiran velg pada sebuah mobil sangatlah penting. Sebagai pemilik atau pengguna mobil, kamu harus merawat bagian velg mobilmu ini agar tidak terjadi penurunan performa atau kerusakan. Yuk gunakan aksesoris velg ban mobil terbaik.

Walaupun penurunan performa dan kerusakan tersebut merupakan hal pasti yang akan terjadi seiring dengan jangka waktu pemakaian. Namun tahukah kamu kalau kamu bisa meminimalisir hal ini? Untuk bisa meminimalisir hal ini, kamu perlu mengetahui jenis kerusakan yang bisa saja terjadi pada aksesoris velg ban mobil ini. Untuk tahu lebih banyak, cek tulisan di bawah ini.

Beberapa Jenis Kerusakan yang Sering Terjadi Pada Aksesoris Velg Ban Mobil

Terdapat beberapa jenis kerusakan yang bisa saja terjadi pada bagian velg mobil kamu. Kerusakan ini bisa saja disebabkan oleh beberapa hal. Namun dengan mengetahui jenis kerusakan ini, kamu bisa melakukan tindakan pencegahan dan perawatan untuk meminimalisir kerusakan. Tanpa berlama-lama lagi, berikut ini adalah beberapa jenis kerusakan yang bisa saja terjadi pada aksesoris velg ban mobil kamu.

1. Velg Mobil Tergores

Kerusakan pertama yang bisa saja terjadi pada velg mobilmu adalah velg mobil yang tergores. Hal ini lumrah terjadi karena sisi velg bisa dikatakan menjadi sisi terluar dari mobilmu. Gesekan-gesekan kecil tidak dapat terhindarkan kalau kamu sering menggunakan mobilmu. Contohnya saja saat parkir.

Saat parkir di tempat sempit atau di pinggir jalan, sisi terluar velg bisa saja tergesek dengan trotoar dan mengakibatkan velg yang tergores. Namun kamu tidak perlu khawatir. Velg yang tergores tidak akan mempengaruhi performa velg mobilmu. Hanya saja tampilannya akan sedikit menurun karena tidak mengkilap seperti sedia kala.

2. Velg Mobil Penyok

Kerusakan kedua yang mungkin saja terjadi adalah velg mobil yang penyok. Kerusakan seperti ini bisa saja terjadi kalau ada kecelakaan kecil yang tidak bisa dihindari. Misalnya saja kesalahan saat parkir, menabrak suatu benda, dan masih banyak lagi. Contohnya saja saat seorang pemula mencoba memarkirkan mobil di dekat tiang listrik.

Bagian terluar ban yang tidak sengaja membentur tiang listrik akan mengakibatkan velg menjadi penyok. Namun lagi-lagi kamu tidak perlu khawatir. Penyok dalam skala ringan hingga sedang tidak akan mempengaruhi kinerja velg dan ban mobilmu. Hanya saja tampilannya menjadi kurang enak dipandang mata.

3. Velg Mobil Retak dan Patah

Kerusakan terakhir yang bisa saja terjadi adalah velg mobil yang retak dan patah. Velg mobil yang mengalami kerusakan seperti ini biasanya disebabkan oleh kecelakaan skala sedang hingga berat. Kalau velg mobilmu sudah dalam keadaan retak dan patah, maka mau tidak mau kamu harus menggantinya dengan yang baru.

Hal ini dikarenakan velg sebagai kerangka ban berfungsi untuk menampung dan menumpu beban keseluruhan mobil. Velg yang retak dan patah terlalu beresiko untuk digunakan dan bisa membuat ban tidak stabil. Jadi pastikan untuk mengganti velg yang sudah mengalami keretakan dan patah sebelum terlambat.

Nah beberapa jenis kerusakan velg mobil di atas semakin menambah pengetahuanmu bukan? Jadi sekarang kamu bisa lebih berhati-hati dan mencegah kerusakan tersebut terjadi padamu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *