peralatan keamanan mobil

source: blibli.com

Peralatan Keamanan Mobil & Kerusakan Yang Terjadi

Keamanan merupakan hal nomor satu yang harus diperhatikan dalam aspek apapun. Termasuk dalam hal berkendara. Berkendara menggunakan kendaraan apapun harus selalu mengutamakan dan mengedepankan keamanan. Namun terdapat beberapa perbedaan dalam hal keamanan tergantung dengan jenis kendaraannya. Seperti pada sepeda motor, aspek keamanan yang harus kamu ke depankan adalah menggunakan helm, jaket, dan sarung tangan. Yuk gunakan peralatan keamanan mobil terbaik.

Penggunaan ketiga barang ini untuk meminimalisir akibat dari kecelakaan yang bisa saja terjadi saat mengendarai sepeda motor. Di sisi lain, pada kendaraan roda empat seperti mobil sendiri, aspek keamanannya berbeda. Ada sabuk pengaman, air bag, ABS, segitiga pengaman, dan masih banyak lagi. Nah sekarang akan dibahas tiga macam kerusakan yang sering terjadi pada peralatan keamanan mobil. Simak terus informasinya di bawah ini.

3 Jenis Kerusakan yang Sering Terjadi Pada Peralatan Keamanan Mobil

Terdapat berbagai jenis kerusakan yang bisa saja terdapat pada bagian mobil kamu. termasuk pada bagian peralatan keamanan mobil ini. Kerusakan yang terjadi ini bisa jadi menyusahkan bahkan membahayakan kamu sebagai pengemudi atau penumpang. Maka dari itu penting untuk kamu tahu macam kerusakan yang bisa terjadi agar kamu bisa mencegah dan mengatasi kerusakan tersebut. Adapun beberapa kerusakan yang sering terjadi pada peralatan keamanan di mobil adalah sebagai berikut.

  • Sabuk Pengaman Macet

Kerusakan pertama yang sering terjadi pada peralatan keamanan mobil adalah sabuk pengaman yang macet. Macet di sini bisa terjadi saat proses pemasangan sabuk pengaman atau proses pelepasannya. Proses pemasangan sabuk pengaman sendiri dilakukan dengan cara menarik tali sabuk pada sisi dinding dan mengaitkannya ke kursi. Pada saat menarik tali sabuk inilah sering terjadi kemacetan akibat tali di dalam terlilit. Kalau hal ini terjadi pastikan kamu tidak berkendara dulu.

Pastikan sabuk pengaman bisa terpasang dengan benar barulah kamu bisa berkendara dengan aman. Di sisi lain, proses pelepasan sabuk pengaman sering macet karena kaitannya. Jangan panik. Kamu bisa tetap membukanya perlahan saat kamu telah berhenti berkendara.

  • Air Bag Tidak Keluar

Kerusakan kedua adalah air bag yang tidak keluar. Kerusakan ini sangatlah krusial karena menyangkut dengan keamananmu secara langsung. Air bag sendiri merupakan sistem keamanan pada mobil yang berupa kantung udara. Kantung udara ini akan otomatis keluar pada kabin depan kalau mobil mengalami benturan yang cukup hebat.

Dengan adanya kantung udara ini, pengemudi akan terhindar dari benturan ke dashboard, kemudi, atau bahkan terlempar ke luar mobil. Maka dari itu, kalau air bag macet dan tidak keluar dengan sempurna, hal ini bisa membahayakan kamu. Ada baiknya kamu selalu mengecek keadaan air bag ini saat kamu servis mobil bulanan.

  • Rem Macet

Jenis kerusakan terakhir adalah rem macet. Kerusakan ini tidak kalah krusialnya dari kerusakan kedua yang baru saja dibahas. Rem merupakan hal utama dalam berkendara karena berfungsi untuk mengurangi kecepatan dan memberhentikan kendaraan. Kalau rem pada mobilmu tidak berfungsi dengan baik pastinya itu akan sangat berbahaya. Pada mobil keluaran baru, sistem mobil sudah dilengkapi dengan anti-lock braking system atau ABS yang membantumu pada saat pengereman mendadak. Namun tidak semua mobil dilengkapi dengan sistem ini. Jadi kalau mobilmu tidak dilengkapi dengan sistem ini, pastikan untuk cek kondisi rem sebelum menggunakan mobil.

Apakah mobil kamu mengalami salah satu dari ketiga ciri kerusakan di atas? Atau bahkan lebih? Kalau iya, langsung bawa mobil kamu ke bengkel ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *