peralatan darurat mobil

source: isibangunan.com

Peralatan Darurat Mobil & Kerusakan Yang Terjadi

Apakah kamu mempunyai peralatan darurat di dalam mobilmu? Kalau benar, apakah kamu sudah menyimpan dan merawatnya? Walau kamu jarang menggunakannya sekalipun? Peralatan darurat mobil merupakan peralatan yang wajib dibawa oleh semua pengendara mobil. Hal ini dikarenakan peralatan darurat mobil ini digunakan untuk mengatasi keadaan darurat yang bisa saja terjadi saat kamu berkendara. Tanpa adanya peralatan darurat ini, kamu pasti akan kesusahan keadaan darurat yang bisa saja terjadi sewaktu-waktu.

Di sisi lain, kalau kamu sudah menyiapkan peralatan darurat ini maka keadaan darurat yang terjadi bisa selesai dengan mudah dan cepat. Peralatan darurat yang biasa dibawa di dalam mobil sendiri biasanya seperti kotak P3K, tali derek, alat pemadam api, segitiga pengaman mobil, kunci-kuncian, obeng, dan masih banyak lagi. Semua peralatan ini pastinya mempunyai fungsinya masing-masing. Namun jangan lupa untuk merawat peralatan ini agar tidak terjadi kerusakan. Untuk tahu lebih lanjut, simak tulisan di bawah ini.

3 Kerusakan yang Sering Terjadi Peralatan Darurat Mobil

Terdapat beberapa jenis kerusakan yang bisa saja terjadi pada peralatan darurat yang kamu bawa di mobil. Kerusakan ini bisa terjadi karena beberapa penyebab yang berbeda. Untuk bisa mencegah dan mengatasinya, kamu bisa cek beberapa kerusakan yang sering terjadi pada peralatan darurat mobil di bawah ini.

1. Peralatan yang Patah dan Rusak

Kerusakan pertama yang seringkali terjadi adalah peralatan yang patah atau rusak. Kerusakan ini bisa terjadi karena alasan apa saja. Misalnya patah saat digunakan, tertindih barang lain di dalam mobil, dan hal lainnya. Untuk mencegah kerusakan seperti ini terjadi ada baiknya kamu membeli peralatan darurat dari merek yang sudah terkenal akan kualitasnya.

Dengan begitu kamu akan mendapatkan produk berkualitas dengan material yang tentu kuat serta tahan lama. Selain itu, kamu juga harus menyiapkan tempat khusus peralatan darurat. Tempat tersebut bisa berupa tools box. Fungsinya agar peralatan darurat punyamu bisa tersimpan rapi dan tidak tertindih dengan barang lain.

2. Peralatan Berkarat

Kerusakan kedua yang bisa saja terjadi adalah peralatan yang berkarat. Tentunya hal ini merupakan hal yang wajar kalau peralatan darurat milikmu terbuat dari besi, baja, dan semacamnya. Karat yang muncul bisa jadi karena peralatan kontak dengan air selama pemakaian. Selain itu bisa juga terjadi karena tempat penyimpanan alat yang lembab sehingga karat bisa dengan mudah terjadi. Untuk mengantisipasinya kamu bisa melakukan cara ini.

Selesai menggunakan peralatan, pastikan kamu membersihkan peralatan yang kamu gunakan dengan kain lap kering. Tujuannya agar tidak ada air yang menempel. Selain itu, simpan semua peralatan daruratmu di tempat yang kering dan tidak lembab untuk menghindari karat muncul.

3. Peralatan Hilang dan Tercecer

Kerusakan terakhir adalah peralatan hilang atau tercecer. Hal ini juga termasuk wajar terjadi. Apalagi kalau kamu tidak langsung membereskan peralatan sesudah kamu menggunakanya. Hal seperti ini juga biasanya terjadi pada peralatan darurat yang kecil seperti kunci-kuncian dan obeng. Maka dari itu setelah kamu selesai menggunakan peralatanmu,

kamu harus membersihkan dan menyimpannya kembali ke tempatnya. Jangan biarkan peralatanmu begitu saja karena lelah dan malas menyimpannya kembali. Kalau seperti ini peralatanmu bisa saja tercecer dan hilang.

Jadi jangan malas untuk membereskan kembali semua peralatan yang telah kamu gunakan ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *